YAKUB

 

Tujuan Umum    : Agar anak mengucap syukur atas berkat Tuhan yang diterima dalam kehidupan setiap hari.

Tujuan Khusus : Setelah Minggu Gembira ini anak diharapkan dapat:

  1. Menyebutkan nama kedua anak Ishak

  2. Menyebutkan pekerjaan kedua anak Ishak

  3. Menemukan berkat Tuhan yang diterima setiap hari.

  4. Mengungkapkan doa syukur atas berkat Tuhan.

Sumber Bahan : Kitab Kejadian 25:19-34.

Alat Peraga: Gambar Ishak memberkati anak-Nya.

1. Langkah- Langkah:

  1. Lagu Pembukaan "KUPERSEMBAHKAN"

    Kupersembahkan pada Tuhan Yesusku

    Sluruh hidupku - sluruh hidupku.

    Kupersembahkan pada Tuhan Yesusku.

    Sampai akhir zaman.

                Syukur - syukur

                Syukur kepadamu Tuhan.

                Kupersembahkan pada Tuhan Yesusku.

                Sampai akhir zaman.

  1. Doa Pembukaan : Allah Bapa dalam Surga melalui Ishak Engkau memberi berkat kepada Yakub dan keturunannya, sehingga mereka hidup bahagia, kami mohon berkatilah kami pula agar kami merasa bahagia dalam hidup setiap hari. Nama-Mu kami puji kini dan sepanjang masa. Amin.

  2. Pembacaan Lilin kecil

2. Penghayatan:

  1. Cerita          "YAKUB DIBERKATI ISHAK

     

             Ketika Ishak sudah tua dan matanya telah kabur, sehingga ia tidak dapat melihat lagi, dipanggilnya Esau anak sulungnya. Dan menyuruh Esau untuk pergi berburu ke padang dan hasil buruannya itu diolah dan diberikannya kepadanya agar ia memberkati Esau sebelum mati.Tetapi Ribka mendengar perkataan Ishak kepada Esau. Sehingga setelah Esau pergi ke padang, Ribka menyuruh Yakub untuk mengambil seekor binatang dan membawanya kepada ibunya untuk diolah. Setelah itu Yakub harus membawahnya kepada Ishak ayahnya agar Yakub diberkati. Yakub berkata kepada ibunya bahwa ia takut, karena Esau adalah seorang yang berbuluh badannya sedangkan Yakub kulitnya licin sehingga ia akan meraba dan nanti menyangkal bahwa Yakub mau memperolok-olokkan ayahnya Yakub akan menerima kutuk bukan berkat.

    Tetapi ibunya berkata kepada Yakub bahwa ibunya akan menanggung semua kutuk tersebut. Dan setelah itu Yakub pergi dan mengambil kambing domba yang sangat baik untuk dimasak oleh Ribka ibunya. Kemudian Ribka ibunya mengambil pakaian  yang indah kepunyaan Esau untuk dipakai Yakub. Dan kulit anak kambing domba itu dibalutkannya pada kedua tangannya dan leher Yakub yang licin.lalu Ribka memberikan makanan itu kepada Yakub anaknya itu. Yakub masuk dan menemui Ishak ayahnya itu serta menyuruh Ishak untuk bangun dan makan daging hasil buruannya dari padang dan supaya Ishak memberkatinya, Setelah Yakun mendekati Ishak ayahnya. Akan tetapim Ishak masih ragu apakah benar ini adalah Esau anaknya, kalau suaranya adalah Yakub akan tetapi kaalu bdannya adalah Esau. Maka Ishak menyuruh Yakub untuk hasil buruannya tadi untuk dimakan.

            Lalu Yakub mencimum ayahnya. Ketika Ishak mencium bau pakaian Yakub, diberkatinyalah Yakub. Setelah selesai  memberkati Yakun maka datanglah Esau dari berburu. Esau juga menyediakan makanannya yang enak lalu membawahnya kepada ayahnya dan Esau meminta  kepoada ayahnya agar in membawahnya kepada ayahnya dan Esau meminta kepada agar ia memakan makanan hasilnnya dan memberkatinya. Ishak terkejut dan tidak percaya. Esau  meyakinkan kepada Ishak ayahnya bahwa ia adalah Esau anak sulungnya. Ishak menanyakan siapakah yang telah memburu binatang dan yang telah membawa kepadanya sebelum Esau datang, sebab ia telah memakan semuanya sebelum Esau datang dan telah memberkati dia. Dan dia tetap menjadi orang yang yang diberkati. Sesudah Esau mendengar perkataan ayahnya, meraung-raunglah ia mdengan sangat keras dalam kepedihan hatinya serta berkata kepada Ishak ayahnya agar ia memberkati dirinya juga. Tetapi Ishak berkata bahwa  adiknya telah datang dengan tipu dayanya telah merampas berkat itu. Ishak berkata memang tepat namanya Yakub, karena Yakub telah dua kali menipu Esau. Memang tepat namanya Yakub, karena Yakub telah dua kali  menipu Esau. Hak kesulungannya telah dirampasnya  dan sekarang dirampasnya pula berkat itu.. Esau bewatak keras kepala agar Ishak memberikan berkat yang lain kepadanya. Akan tetapi Ishak berkata bahwa sesungguhnya tempat kediamannya akan jauh dari tanah-tanah gemuk di bumi dan jauh dari embun dari langit di atas. Esau akan hidup dari padanya dan ia akan menjadi hamba adiknya. Tetapi akan terjadi kelak apabila Esau berusaha sungguh-sungguh, maka Esau akan melemparkan kuk itu dari tengkuknya.

  2. Pertanyaan Cerita:

    1. Apa judul cerita tadi ? (  Yakub diberkati Ishak )

    2. Siapa nama kedua anak Ishak ?

    3. Apa pekerjaan Esau dan Yakub ?

      • Pekerjaan Yakub adalah: Membantu ibunya memasak dan membersihkan rumah.

      • Pekerjaan Esau adalah : Menjadi seorang pemburu

    4. Bagaimaan sifat Yakub dalam cerita tadi?

    5. Siapa yang mendapat berkat dari Ishak ? ( Yakub )

  3. Pendalaman

    Anak- anakku yang terkasih,

    Berkat Tuhan senantias kita terima setiap hari. Berkat ini sebagai hadiah untuk kita oleh Tuhan, hadiah yang sangat istimewah, yang tidak bisa diberikan oleh siapapun di dunia ini, termasuk orang tua kita.

    Apa hadiah yang diberikan oleh Tuhan untuk kita ?

    1. Kita diciptakan oleh Tuhan

    2. Kita diberi nafas untuk hidup

    3. Kita bisa bergerak, bisa bernyanyi, bisa tertawa, bisa gembira, bisa menangis, bisa makan, bisa minum dan masih banyak lagi         ( Pembina dan anak menemukan bersama- sama )

    Berkat atau hadiah yang kita terima ini membuat kita bahagia. Sebagai anak Allah yang berbahagia, kita juga harus tahu berterim kasih kepada Tuhan. Apa yang bisa kita buat, sebagai ungkapan terima kasih ?

    1. Berdoa; mengucap syukur atas hadiah yang kita terima

    2. Menjaga hadiah yang diberikan Tuhan, dengan baik; misalnya:

      • Kita diberi badan yang sehat, kita jaga supaya tidak sakit, mandi yang bersih.

      • Tidak memukul teman,tidak mencubit teman dan tidak bertengkar

      • Diberi baju yang baik, jangan dibuang atau jangan disobek, rajin mencuci baju sendiri.

      • Air jangan dibuang karena air digunakan untuk hidup kita. Kalau kita tidak minum, apakah kita masih bisa hidup ? Tentu tidak.

        ( Pembina mencari bersama anak )

    Anak- anakku yang terkasih, sebagai anak Bapa, kita juga diminta untuk hidup seperti Bapa di Surga yang selalu baik kepada semua orang, supaya kita mendapatkan kebahagiaan.        

3. Pengungkapan: Anak meniru pembina mengungkapkan doa syukur

4. Kesaksian: Pembina menceritakan pengalaman bahagia karena berkat Tuhan

5. Perwujudan:Anak  diminta  untuk  menuliskan  hal-hal  yang  baik  dan  dilakukan  dalam  hidup  sehari-hari.

6. Penutup:

  1. Doa   Penutup: Allah Bapa  kami yang Maha kasih, terima kasih atas berkat yang  kami  terima  dari-Mu ,sertailah kami selalu  dan bimbinglah kami ,supaya  kami  dapat berusaha mempertahankan  apa yang paling  berharga dalam hidup kami, lindungilah  kami  Tuhan  di dalam perjalanan  pulang  Demi  Yesus  Kristus  Tuhan  dan  pengantara  kami    Amin

  2. Lagu  Penutup :  " AKU  DIBERKATI "

                                            3    1  /  5  .  .  1    2  /  3  .  .  3    2  / 1    1    1    5    1

                                            A    ku  di        berka   ti        sepanjang hidupku    di

                                            7    6 /  5  .   . 3    4  /  5  .  5   5   5    6    5    .    1    2

                                            berkati           bi- la    bangun waktu pagi         siang

                                            3    5    2    3    4    1    3  /  3  .  .  2    2  /  1  .  .  //

Kembali ke halaman depan