YESUS NAIK KE SURGA



Tujuan Umum : Agar anak mampu menghayati dan menerima tugas perutusan Yesus melalui kata-kata dan perbuatan nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Khusus : Setelah minggu gembira ini anak diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan maksud Yesus menampakkan diri kepada para murid.

  2. Menyebutkan kapan Yesus naik ke surga.

  3. Mengulangi pesan Yesus sebelum naik ke Surga

  4. Menyebutkan tugas-tugas kita sebagai murid Yesus

Sumber Bahan: Lukas 24: 50- 53
Alat peraga: Gambar Yesus naik ke Surga.
Langkah- langkah :
1. Perayaan :

  1. Lagu Pembukaan " KU MENANG "

    Ku menang-ku menang di dalam Yesus Tuhan.
    Ku menang-ku menang di dalam peperangan
    Ku menang-ku menang atas segala setan,
    Alleluya-alleluya ku menang
    Alleluya Dia bangkit, Alleluya Dia hidup.
    Alleluya Dia naik, Roh Kudus yang turun
    Alleluya-alleluya, Yesus mau datang ( mau datang padaku ).
    Alleluya-alleluya Yesus mau datang padaku.

  2.  Doa pembukaan : Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah naik ke Surga dan tinggal bersama Bapa. Kami percaya bahwa Engkau tidak akan meninggalkan kami. Engkau selalu menyertai kami setiap saat.Tuhan, bantulah kami dengan Roh Kudus-Mu agar dapat melaksakan Minggu Gembira ini dengan baik. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.

  3. Pembacaan Lilin Kecil.

2. Penghayatan:

  1. Cerita "Yesus Naik Ke Surga"

    Suatu ketika,  Yesus menampakkan diri di tengah-tengah para murid dan berkata "Damai sejahtera bagi kamu!" Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu. Akan tetapi Ia berkata lagi "Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hatimu ? Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku." Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka. Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: "Adakah padamu makanan di sini?" Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng. Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka. Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur." Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini. Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku yaitu Roh Kudus. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini untuk menantikan Roh Kudus itu." Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita. Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah bersama bunda Maria.

     

  2. Pendalaman :

    Adik- adik yang terkasih, setelah 40 hari Yesus bangkit dari kubur, Yesus naik ke Surga. Hari kamis lalu, kita merayakan Yesus naik ke Surga. Untuk apa Yesus naik ke Surga ? Untuk menyiapkan tempat yang indah bagi kita dan mengutus Roh Kudus yang selalu menyertai, menghibur dan membimbing hidup kita setiap hari. Saat naik ke Surga, Yesus memberi pesan kepada para muridNya (termasuk kita ) untuk menjadi saksi tentang pertobatan dan pengampunan dosa.
    Sebagai seorang murid Yesus yang masih kecil, apa yang dapat kita buat supaya menjadi saksi ?

3. Pengungkapan : Permainan " memberi kesaksian tentang kerukunan dan kerja sama "

    Petunjuk :

  1. Pembina mempersiapkan beberapa gambar Yesus naik ke surga yang sudah dipotong-potong.

  2. Setiap kelompok diberikan satu gambar yang harus disusun bersama

  3. Gambar yang dipotong-potong tersebut diacak dan diberikan kepada kelompok lain.

  4. Setiap kelompok diberi kesempatan untuk menyusun potongan gambar tersebut dan berusaha sendiri mencari gambar yang belum ada.

  5. Kelompok yang menyusun gambar dengan benar dan tepat, itulah yang mendapat juara

4. Kesaksian : Anak diminta untuk mensharingkan pengalamannya pada saat menyusun gambar.

5. Perwujudan : Anak diminta untuk menjadi saksi dengan bertobat dan berdoa bersama bunda Maria.
6. Penutup

  1. Doa Penutup: Allah Tuhan kami , PuteraMu Yesus Krsitus telah meneguhkan dan menguatkan para murid, sehingga para murid begitu bersuka cita dan dengan hati yang gembira mewartakan pesan PutraMu kepada semua orang. Kami mohon, semoga pada minggu ini kami juga bisa memberi kesaksian kepada sesama dengan berdoa bersama bunda Maria...... Salam Maria.....Kemuliaan....

  2. Lagu Penutup "Jadilah Saksi Kristus "
    Sesudah dirimu dislamatkan, jadilah saksi Kristus
    cahaya hidupmu jadi terang, jadilah sa

Kembali ke halaman depan