KELUARGA KUDUS

 

Tujuan Umum   :   Agar anak dapat meneladani kehidupan keluarga kudus di Nazareth

Tujuan Khusus  :   Setelah kegiatan minggu gembira diharapkan anak dapat :

  1. Menceritrakan kembali ceritra tentang keluarga kudus Nazareth

  2. Menyebutkan anggota keluarga kudus Nazareth

  3. Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh keluarga kudus setiap hari

  4. Menyebutkan sikap-sikap keluarga kudus Nazareth yang dapat dijalankan dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber Bahan    :    Kitab Suci Luk. 2 : 41 - 47

Alat Peraga         :    Gambar keluarga kudus

Langkah-langkah    :

1. Perayaan    :

  1.   Lagu Pembukaan    :    "    KUCINTA KLUARGA TUHAN "

         Ku cinta kluarga Tuhan, Terjalin mesrah sekali

        Semua saling mengasihi, Betapa snang ku menjadi Kluarga-Nya Tuhan

            Maria Yusuf dan Yesus, Adalah kluarga kudus

            Semua saling mengasihi, Betapa snang ku mengikuti Kluarga-Nya Tuhan.

  2. Doa Pembukaan :  Ya Bapa yang maha kasih, dalam kesempatan ini kami akan belajar mengenal dan mencintai-Mu lewat keluarga kudus Nazareth, kami mohon bimbingan-Mu agar kami menjadi anak-anak-Mu yang baik dan dapat meneladani sikap keluarga kudus Nazareth,demi Kristus Tuhan dan pengantara kami,kini dan sepanjang segala masa, Amin.

  3. Pembacaan lilin kecil

2. Penghayatan :

  1. Ceritra    :        " KELUARGA KUDUS DI NAZARETH " 

        Nazareth adalah sebuah desa terpencil di tanah Yudea, jauh dari kota, letaknya di pegunungan, sunyi, dan sangat indah. Di  sini hiduplah sebuah keluarga kecil, sederhana, tapi sangat taat pada aturan hidup sebagai orang Yahudi, dan  sangat harmonis, mereka saling mengasihi dan mencintai, sangat rukun. Keluarga ini  terkenal  karena sangat miskin. dari semua keluarga yang ada di desa itu. Istrinya bernama Maria dan anaknya bernama Yesus. Yosep adalah seorang tukang kayu , ia sering memperbaiki meja dan kursi dari tetangganya yang rusak, memperbaiki atap rumah yang bocor, dan ia siap membantu sesama sedesanya yang memerlukan bantuannya. Istrinya sebagai ibu rumah tangga, setia mendampingi suaminya, membantu suaminya kalau diperlukan, dan bersama dengan suaminya mereka mendidik dan membesarkan anaknya. Mereka mengajarkan anaknya berdoa, bekerja, bersikap baik terhadap sesamanya, dan mereka selalu mengajak anaknya pergi ke Yerusalem untuk bersama seluruh umat yahudi merayakan perayaan di Bait Allah. Suatu ketika mereka ke Yerusalem untuk merayakan perayan Paskah . Sesudah perayaan itu Yesus tertinggal di Bait Allah, Maria dan Yosep mencari sampai tiga hari, ternyata Yesus sedang mengajar dan yang mendengarkan pengajarannya adalah orang-orang farisi dan ahli-ahli taurat. Ketika menemukan Yesus, Maria dan Yosep menegurnya "Nak, mengapa engkau berbuat demikian terhadap aku dan bapamu?".Saat itu dengan tegas Yesus menjawab :"Tidak tahukah bapa dan ibu bahwa saya harus berada di rumah Bapak-Ku"? Yosep dan Maria kaget atas jawaban itu, tetapi mereka menyimpan saja dalam bathinnya sambil menyerahkan semuanya kepada Bapa Allah. Akhirnya bersama dengan Bapa dan ibunya mereka kembali ke Nazareth. Pada saat itu Yesus berumur 12 tahun. Mereka dengan senang, sabar dan tabah menerima keadaan keluarga, mereka sering mengalami tidak punya uang untuk membeli makanan dan Yesus tidak pernah di beri uang untuk jajan di kantin. Tapi mereka bahagia dan saling mengasihi , setiap malam mereka berdoa bersama menyerahkan seluruh kepentingan keluarganya kepada Bapa Allah, sehingga keluarga ini dikenal oleh orang di kampungnya sebagai keluarga yang bahagia, yang patut dicontohi /di teladani, Yesus semakin besar dan sangat dicintai oleh bapa dan ibunya dan orang-orang sekampungnya.

  2. Pertanyaan ceritra    :

    1. Apa judul ceritra di atas ? ( Keluarga kudus Nazareth )

    2. Siapa yang dimaksudkan dengan keluarga kudus ( Yesus, Maria dan Yosep )

    3. Pada saat Yesus berumur 12 tahun keluarga kudus ini merayakan perayaan paskah di dimana ? dan apa yang terjadi sesudah perayaan itu ? ( di Yerusalem dan Yesus tertinggal di Bait Allah )

    4. Apa pekerjaan dari bapa Yosep dan Ibu Maria setiap hari ? ( Yosep sebagai tukang kayu dan Maria sebagai ibu rumah tangga )

    5. Bagaimana  sikap Yesus  selama masa hidupnya di Nazareth ? ( Ia rajin dalam membantu orang tuanya,taat pada perintah orang tua dan sangat rajin berdoa )

  3. Pendalaman :

    Anak-anak yang terkasih,  kita sudah mendengar ceritra tentang keluarga kudus di Nazareth ( Yesus, Maria dan Yosep ). Diceritrakan bahwa keluarga ini sangat miskin dan sederhana, rukun dan harmonis, keluarga yang taat akan Allah dan mereka saling mengasihi dan mencintai. Yosep seorang tukang kayu, maria seorang ibu rumah tangga,dengan penuh semangat dan senang hati mereka mendidik dan membimbing Yesus, mereka membawa Yesus ke Bait Allah untuk berdoa dan merayakan perayaan paskah bersama. Di sana Yesus tertinggal dan akhirnya mereka mencari sampai 3 hari dan menemukan Yesus di Bait Allah sedang mengajar orang-orang farisi dan ahli-ahli taurat. Mereka membawa Yesus kembali ke Nazareth,dan di sana Yesus menjadi besar dan Ia sangat dikasihi oleh Yosep dan Maria dan orang-orang sekampungnya. Yesus sangat taat pada perintah orang tuanya. Anak-anak yang terkasih, Tuhan Yesus sangat dicintai oleh orang tua dan orang-orang di kampungnya karena Yesus rajin membantu orang tuanya, juga rajin membantu teman-temannya, Yesus tak pernah memukul/berkelahi dengan teman-temannya ,karena Yesus sangat mengasihi mereka. Yesus juga akan sangat senang dengan kita kalau kitapun rajin berdoa, rajin bekerja membantu orang tua kita, membantu teman-teman kita terlebih teman-teman kita yang menderita, yang sakit, yang tidak punya makanan dan pakaian.

3. Pengungkapan    :    Anak diminta untuk mewarnai gambar "Keluarga  Kudus "

4. Kesaksian    :   Anak diminta untuk menceritrakan segala kebaikan yang sudah ia terima dari orang tuanya.

5. Perwujudan  :   

  1. Anak diminta untuk membantu orang tuanya di rumah

  2. Anak diminta untuk mendoakan sesama temannya.

6. Penutup    :

  1. Doa Penutup : Bapa yang maha baik, terima kasih karena Engkau telah membimbing kami dalam mengikuti kegiatan minggu gembira hari ini. Kami mohon bantulah kami untuk dapat mencontohi sikap hidup keluarga kudus di Nazareth Yesus, Maria dan Yosep. Doakanlah kami, Amin.

  2. Lagu Penutup    :    "SANTU YOSEP YANG MENJAGA "

    Santu Yosep yang menjaga, keluarga Nazareth,

    Kau piara Bunda Allah, serta Yesus Penebus

    Sudilah doakan kami, pada Yesus anakmu

    Dan lindungilah selalu, kami sekeluarga.

Kembali ke halaman depan